Berbagai Informasi Penting Tentang Facebook Marketing yang Wajib Anda Ketahui Sekarang

Berbagai Informasi Penting Tentang Facebook Marketing yang Wajib Anda Ketahui Sekarang

Facebook adalah salah satu media sosial yang sangat populer hingga sekarang, terbukti dari meningkatnya jumlah pengguna setiap tahunnya. Selain sebagai alat komunikasi secara luas, Facebook kini juga dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang disebut Facebook Marketing. Apa itu? Salah satu strategi memasarkan produk (barang/jasa), secara online menggunakan media Facebook. Namun dalam membuat media pemasaran menggunakan Facebook, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari tools hingga beberapa cara yang harus dilakukan, agar pemasaran tersebut bisa dikenal oleh banyak orang.

 

Tools yang Sering Dipakai Oleh Facebook Marketing

Pada dasarnya pengaturan Facebook merupakan langkah awal yang harus dilakukan, untuk memulai pemasaran atau meningkatkan eksistensi bisnis Anda. Selain itu, pengaturan juga dibutuhkan sebelum melakukan Facebook Marketing. Nah sebelum Anda mengetahui, bagaimana cara memanfaatkan media Facebook untuk pemasaran. Ketahui dulu 3 tools yang sering digunakan oleh Facebook Advertising atau Marketing, berikut ini.

  1. Groups

Groups merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Facebook untuk tempat bertukar informasi, atau melakukan interaksi antar anggota. Dengan membuat sebuah Facebook Groups, itu artinya Anda sudah membangun eksistensi bisnis. Selain itu, groups juga bisa menjadi alat untuk mengetahui sejauh mana respon anggota terhadap produk usaha Anda. Anda bisa membuat group sesuai bisnis yang sedang dijalankan, dan mengumpulkan banyak anggota. Karena sejatinya, Facebook Groups tak memberikan batasan jumlah anggota. Dan agar Facebook Groups ini mendapat respon baik, buatlah setiap postingan yang menarik, serta bermanfaat untuk pengikut Anda.

  1. Ads

Berbeda dengan groups, menggunakan tools Facebook Advertising atau Ads Anda harus membayar untuk setiap kali postingan yang dibagikan kepada pengguna. Anda bisa memilih kategori pengguna secara spesifik. Anda bisa memakai tool Ads, jika ingin meningkatkan perhatian pengguna terhadap produk usaha serta untuk mencapai sebuah target.

  1. Pages

Tools terakhir yang sering dipakai Facebook Marketing, adalah Pages. Merupakan salah satu fasilitas Facebook untuk berbagi banyak informasi secara terbuka. Sama seperti Groups, dengan menggunakan Facebook Pages Anda bisa mengumpulkan banyak pengguna, melakukan posting untuk meningkatkan eksistensi usaha Anda serta tak akan di beri tagihan saat melakukan posting.

 

Tips Menjalankan Facebook Marketing yang Tepat

Setelah Anda mengetahui tools apa saja yang sering dipakai oleh Facebook Marketing, berikutnya ketahui juga bagaimana cara atau tips agar pemasaran menggunakan facebook bisa berhasil. Berikut ini tipsnya.

  1. Tentukan target pemasaran

Tips pertama yang harus dilakukan, ialah menentukan siapa saja target pemasaran yang akan dituju. Anda bisa menggunakan fasilitas Facebook Audience Insight, untuk mencari tahu siapa saja calon pelanggan yang berpotensi.  Fasilitas ini akan memberikan banyak informasi calon pelanggan, seperti pendidikan, gender, lokasi, bahasa, status hubungan, penggunaan media Facebook, serta informasi kegiatan pembelanjaan yang pernah dilakukan. Dengan mengetahui banyak informasi calon pelanggan, Anda bisa dengan mudah menentukan kategori konten Facebook yang efektif dan sesuai dengan produk usaha.

  1. Jangan Terlalu Fokus untuk Berjualan

Meskipun Anda menggunakan Facebook Marketing untuk melakukan pemasaran, tetapi usahakan tidak terlalu fokus pada konten berjualan. Karena pada dasarnya, Facebook lebih memilih newsfeed pengguna berisi konten yang mudah di share atau like. Selain itu dengan like atau share, maka jangkauan Anda akan berkembang, dan brand bisa tampil terdepan pada beranda Facebook. Sehingga pengguna akan lebih mudah tertarik pada produk usaha tersebut, tanpa harus Anda arahkan.

  1. Posting konten terbaik

Tips berikutnya, adalah melakukan posting berisi konten terbaik dan bermanfaat untuk pengguna. Selain itu, usahakan juga agar pengguna dapat termotivasi saat terlibat pada postingan Anda tersebut. Setelah rampung membagikan konten, Anda bisa langsung membuat strategi sesuai respon yang diberikan pengguna. Selain itu, keterlibatan pengguna dengan postingan Facebook page atau ads dapat ditelusuri dengan Bussiness Manager atau Page Insight (link).

  1. Jangan lupa memberikan respon

Pada dasarnya setiap pengguna Facebook tak suka dengan percakapan satu arah saja, termasuk pengikut Anda. Oleh sebab itu saat pengguna Facebook memberikan respon terhadap postingan produk Anda, maka usahakan untuk memberi feedback pada mereka. Hal ini bertujuan agar pengguna atau pengikut tak beralih ke konten yang lebih interaktif dan menarik. Intinya merespon adalah hal penting yang harus dilakukan.

  1. Posting pada waktu yang tepat

Banyaknya konten yang disediakan oleh Facebook, membuat Anda harus pintar memilih waktu yang tepat untuk melakukan posting. Hal ini dikarenakan agar konten yang Anda posting mendapat banyak perhatian. Pilihlah waktu dimana banyak pengguna Facebook yang sedang online (aktif). Meskipun awal posting masih error, namun selanjutnya Anda bisa mendapat informasi kapan saja banyak pengguna yang online dari Page Insight (link).

 

Cara Membuat Facebook Marketing dengan Tool Ads

Untuk memperluas jangkauan pasar, cara yang paling tempat ialah melakukan pemasaran menggunakan media sosial, seperti Facebook. Anda bisa memanfaatkan salah satu tool yang ada diatas, salah satunya Ads. Berikut ini cara membuat Facebook Marketing, dengan tool Ads yang bisa Anda coba.

  1. Buat akun Facebook ads

Sebelum beralih menggunakan Facebook Ads, pastikan Anda sudah login ke akun dengan benar. Setelah itu langkah pertama ialah membuat nama akun bisnis Anda, usahakan tidak memilih yang terlalu rumit atau bisa juga menggunakan nama page sebelumnya. Selanjutnya melengkapi informasi lainnya. Usahakan informasi terisi dengan benar, karena ini digunakan untuk proses penagihan.

  1. Atur metode pembayaran tagihan

Setelah semua informasi terisi benar, selanjutnya lakukan pengaturan mode pembayaran yang akan dilakukan. Anda bisa menggunakan kartu kredit atau lainnya. Usahakan untuk menambahkan mode pembayaran lain, agar iklan yang tayang tak terblokir saat pembayaran pertama mengalami kegagalan.

Cara menambahkan metode pembayaran ialah: Pilih menu opsi “Metode Pembayaran” yang ada di sebelah kiri,  selanjutnya pilih beberapa cara pembayaran, seperti kartu kredit. Jika memilih metode pembayaran menggunakan kartu kredit, maka masukkan jenis dan nomor kartu  serta informasi lainnya. Perlu diingat bahwa metode pembayaran yang diisi tak bisa dihapus atau ganti, Anda hanya bisa menambahkan sumber lain sebagai metode pembayaran sekunder.

  1. Tentukan waktu penagihan iklan

Setelah metode pembayaran, Anda juga harus menentukan kapan Facebook melakukan penagihan terhadap postingan iklan yang dibuat. Ada dua cara penagihan yang bisa dipilih, seperti CPM dan CPC (Cost Per Click). Untuk CPC tagihan didasarkan atas banyaknya klik yang dilakukan pengguna lain, namun untuk besarannya ditentukan dari target dan bidang pemasaran, serta jumlah pesaingnya. Berbeda dengan CPM yang menghitung tagihan berdasar banyaknya iklan tersebut muncul, meskipun tak di klik pengguna lain. Untuk ketentuan besarnya tagihan sama dengan model CPC, yaitu bidang, target dan lainnya.

  1. Membuat konten kreatif

Pada dasarnya hanya ada 3 cara membuat Facebook Marketing dengan tool Ads, namun Anda juga harus tahu bagaimana cara membuat konten kreatif agar Facebook Ads mampu menarik pelanggan. Cara pertama ialah tetapkan tujuan iklan yang sesuai, caranya pilih menu bar ‘Kelola Iklan’ atau bagi yang baru pertama membuat iklan bisa pilih ‘Buat Iklan’ yang berada di kanan atas halaman Facebook. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, seperti ‘Promosikan Kiriman Anda, Promosikan Halaman Anda, Arahkan orang ke situs web Anda’, dan masih banyak pilihan lagi. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan informasi lain seperti URL website, Facebook Page, dan Posting Facebook Page. Saat memasarkan situs website, jangan lupa untuk mengarahkan pengguna melakukan tindakan konversi agar penjualan produk bisa meningkat, banyaknya pelanggan newsletter dan masih banyak lagi.

Setelah tujuan iklan jelas, selanjutnya lakukan penyeleksian gambar atau foto yang ingin diikut sertakan dalam konten. Anda bisa memilih maksimal 6 gambar saja dengan ukurannya 600×315 agar penataannya lebih proporsi nantinya. Selain itu Facebook juga akan melakukan pengujian, agar promosi yang Anda lakukan bisa meningkat hasilnya. Selanjutnya buatlah teks iklan yang menarik, dengan jumlah karakter judul 25, dan isi konten 90 karakter. Usahakan isi teks merupakan deskripsi dari gambar atau bisnis secara menarik. Selain itu Anda juga dapat menambahkan ‘call To Action’ seperti pesan sekarang, beli atau daftar sekarang.

Tak hanya itu saja, jangan buat teks yang melebihi batasan karakter yang ditentukan, agar nantinya tak terpotong saat di posting. Oke setelah semua beres, Anda bisa menentukan letak iklan seperti Mobile, Newsfeed, serta kolom sebelah kanan. Terpenting adalah tentukan letak iklan yang mudah diakses versi Mobile, karena saat ini banyak pengguna Facebook yang melakukan akses melalui Mobile, oleh karena itu akan sangat sayang sekali jika iklan yang di buat tak mendukung perangkat tersebut.

 

Manfaat Penggunaan Facebook Marketing untuk Keperluan Bisnis

Selain mengetahui tools, tips, dan cara pengaplikasiannya, Anda juga harus tahu manfaat apa saja yang diperoleh saat menggunakan Facebook Marketing untuk keperluan bisnis. Ada banyak keuntungan atau manfaat, yang akan diperoleh saat menggunakan Facebook sebagai media pemasaran. Diantaranya mempunyai target konsumen yang luas, hal ini dikarenakan Facebook memiliki angka target yang besar. Bahkan Anda bisa menentukan sendiri siapa saja target yang dituju, seperti berdasarkan usia, jenis kelamin dan lain-lain.

Manfaat lain yang dapat Anda peroleh adalah kemampuan menganalisis keadaan untuk menentukan promosi yang akan dilakukan, meningkatkan ketertarikan konsumen pada brand bisnis disebabkan pengguna lain akan mendapat notifikasi tentang produk Anda hampir setiap hari. Manfaat berikutnya yang bisa didapat dari Facebook Marketing, adalah penjualan produk tidak akan terbatas jarak, dan Anda akan mendapat target promosi yang sangat tepat. Pada dasarnya menggunakan Facebook adalah cara pemasaran yang tepat, selain target penjualan bisa meningkat, Anda bisa melakukan promosi, dan target pemasaran yang sangat luas. Bahkan jika Anda menggunakan tools Pages dan Groups, maka tak akan mengeluarkan dana lain saat melakukan posting berbeda saat menggunakan Ads.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu Facebook Marketing, tools yang sering digunakan, tips agar pemasarannya berhasil, cara pengaplikasiannya, serta manfaat yang akan diperoleh saat memilih memasarkan bisnis menggunakan Facebook. Pilihlah cara dan tool yang menurut Anda mudah, selain itu percaya bahwa bisnis akan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *