Jadikan WhatsApp Marketing Sebagai Sarana Bisnis Anda

Jadikan WhatsApp Marketing Sebagai Sarana Bisnis Anda

Di zaman yang serba digital ini tentunya semua orang sudah mengetahui apa itu WhatsApp dan bagaimana mengoperasikannya. WhatsApp sendiri memiliki pengertian aplikasi massanger atau chat yang bisa diunduh secara gratis di internet untuk dipasang di ponsel pintar dan untuk pengoperasiannya harus dihubungkan ke internet atau paket data lainnya. Biasanya orang-orang hanya menganggap jika WhatsApp hanya berfungsi sebagai alat komunikasi secara online yang hanya sebatas untuk bertukar informasi saja, padahal terdapat fungsi lainnya yang juga amat penting. Fungsi lain tersebut sering kali dinamakan sebagai WhatsApp marketing, yakni bisa juga digunakan sebagai sarana bisnis.

WhatsApp bussines atau marketing adalah sebutan bagi layanan jasa bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media untuk memasarkan produknya sekaligus alat komunikasinya juga. Strategi marketing menggunakan WhatsApp memang masih terbilang baru, namun media kreatif tersebut dapat mewadahi segala kebutuhan Anda secara praktis dan mudah. Apalagi cara penggunaan WhatsApp sangatlah mudah, bahkan semua kalangan termasuk para orang tua pun juga mahir dalam mengoperasikannya.

Mengapa Harus Menggunakan WhatsApp Marketing?

Tak dapat dipungkiri jika WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak penggunanya, bahkan bisa dikatakan jika semua orang memiliki aplikasi tersebut. Hal tersebut karena aplikasi tersebut sangat praktis dan yang terpenting tidak banyak menyedot paket data. WhatsApp tidak seperti aplikasi lainnya yang untuk pendaftaran akunnya saja sangat susah, karena aplikasi tersebut hanya membutuhkan akses berupa nomor telepon saja agar bisa digunakan. Selain itu, ukuran aplikasinya yang tidak terlalu besar dan compatible hampir untuk semua merek hp membuat WhatsApp paling banyak untuk diunduh.

Selain karena alasan sudah banyak yang menggunakan aplikasi tersebut, WhatsApp marketing bisa menjadi sarana yang fresh untuk Anda memulai usaha. Apalagi jika menggunakan aplikasi WhatsApp tidak membutuhkan merogoh kocek yang banyak, bahkan pengunduhannya juga gratis. Yang terpenting Anda harus menyiapkan paket data setiap harinya. Tak hanya itu, aplikasi tersebut tidak hanya bisa dioperasikan melalui hp saja, melainkan juga bisa menggunakan leptop, sehingga Anda akan lebih leluasa dalam mengatur produk.

Tips Menggunakan WhatsApp Marketing

Ada sedikit perbedaan antara aplikasi WhatsApp biasa dengan WhatsApp marketing, meskipun sebenarnya prinsip pengoperasiannya sama, jadi Anda perlu memilikinya dengan cara mengunduh di Play Store.

  1. Mendaftar Akun WhatsApp Business

Seperti halnya WhatsApp yang biasanya, business juga membutuhkan akses nomor telepon agar bisa digunakan. Lebih baik menggunakan nomor khusus untuk aplikasi business ini, sebab dengan membedakan nomor WhatsApp personal dan business tidak akan membuat Anda bingung dalam menjalankannya.

  1. Mengubah Profil Bisnis

Tentunya jika sudah bisa masuk ke dalam aplikasinya Anda harus membuat deskripsi yang sesuai dengan bisnis Anda. mulai dari nama perusahaan, lokasi toko atau kantor, foto, kategori, dan juga situs web. Jika sudah mengatur semua hal tersebut Anda bisa menyimpannya agar tidak hilang.

  1. Membuat Away Massage

Away massage merupakan fitur yang sangat membantu pelaku bisnis untuk tetap terhubung ke konsumen meskipun layanan sedang ditutup, yakni dengan jawaban otomatis yang akan diberikan pada pelanggan yang mengirim pesan. Caranya adalah buka menu setting lalu pilih business setting dan kemudian aktifkan tanda centang untuk fitur away massage. Anda bisa membuat sendiri kalimat balasan yang sesuai dengan perusahaan/toko yang dimiliki.

  1. Membuat Greeting Massage

Selain away massage, fitur greeting massage juga sangat membantu pengelola bisnis untuk menjalin hubungan komunikasi yang lebih harmonis dengan pelanggan. Fitur ini akan secara otomatis mengirimkan pesan kepada pelanggan yang sudah 14 hari tanpa adanya kontak dengan akun Anda. cara mengaktifkannya adalah dengan membuka pengaturan, lalu pilih business setting kemudian klik centang greeting massage. Sama seperti away massage, Anda juga bisa menulis sendiri pesan jawaban tersebut.

  1. Membuat Pesan Broadcast

Pesan Broadcast adalah fitur yang tidak boleh disia-siakan dalam WhatsApp marketing, karena pesan broadcast ini sangatlah penting untuk menunjang bisnis Anda. Membuat pesan ini sangat mudah, hanya perlu mentap tombol new broadcast kemudian tandai semua kontak yang ingin dikirimi pesan. Tidak ada batas maksimal kontak yang bisa dikirimi sehingga Anda bebas mengirimkannya dalam jumlah berapapun. Yang terpenting adalah, pastikan pesan Anda tersebut menarik sehingga pelanggan tertarik untuk membacanya, sebab jika tidak menarik biasanya pelanggan hanya membuka pesan tersebut tanpa membacanya.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Marketing

Tentunya saat memilih menggunakan WhatsApp marketing, ada banyak keuntungan yang bisa diraih. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Wadah Koordinasi Online

Semua orang di dunia ini tentunya lebih memilih menggunakan aplikasi online untuk bertukar informasi daripada sms. Alasannya sangat sederhana yakni masalah biaya yang dikeluarkan. Jika menggunakan WhatsApp, Anda hanya perlu membeli paket data yang murah dan kemudian bisa digunakan untuk chatting sepuasnya, namun berbeda lagi dengan sms, Anda harus membeli pulsa dalam jumlah besar tapi masih juga terbatas komunikasinya. Pastinya semua orang setuju jika harga paket data lebih murah dibandingkan dengan harga pulsa.

  1. Kelengkapan Fitur

Memiliki fitur yang cukup lengkap seperti bertukar informasi, berkirim foto atau gambar, video, rekaman suara, dan berbagi lokasi GPS melalui Google Maps. Semua fitur tersebut dapat dinikmati secara otomatis setelah mengunduh aplikasi WhatsApp marketing.

  1. Membangun Data Kontak Pelanggan

Kontak yang tersimpan di hp Anda, semuanya akan terhubung ke dalam aplikasi WhatsApp, sehingga mudah untuk menghubungi mereka untuk tujuan memasarkan produk. Apalagi tidak ada batasan waktu maupun tempat, sehingga bisa dikirim di mana saja dan kapan saja.

  1. Menawarkan Produk yang Anda jual

WhatsApp memiliki kemampuan mengirim satu pesan ke seluruh kontak yang ada di hp, caranya hanya dengan menandai semua kontak lalu tulis pesan yang akan dikirimkan. Selain itu terdapat fitur story yang dapat digunakan untuk memperkenalkan produk-produk yang dimiliki. Yang terpenting teknik pengemasannya haruslah menarik.

  1. Chat Grup

Fitur kemudahan yang satu ini sangat penting dalam berjalannya WhatsApp marketing, karena sangat menunjang pembagian informasi yang lengkap dan juga menyeluruh. Daripada mengirimkan ke kontak satu persatu, lebih baik Anda membuat grup yang beranggotakan maksimal 256 pelanggan, lalu di sana Anda bisa membagikan semua produk jualan yang dimiliki beserta spesifikasi produknya, yakni dalam hal keunggulan.

  1. Melakukan Survey dan Menerima Fedback (Masukan)

Adanya fitur story dan grup pada WhatsApp bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pesan berupa survey yang nantinya pasti akan diisi oleh para pelanggan. Hasil dari survey tersebut bisa Anda jadikan sebagai masukan agar ke depannya usaha marketing yang dijalankan menjadi lebih baik.

  1. Hemat Data

Tidak banyak aplikasi dengan berbagai kelengkapan fitur namun hanya membutuhkan data yang sedikit. Hal ini juga menjadi alasan utama orang-orang memilih untuk mengunduh aplikasi ini. tak hanya sedikit menyedot data, aplikasi ini juga sedikit menyedot daya baterai, karena data dapat di matikan dan dihidupkan sesuai dengan keinginan Anda.

Strategi Pemasaran Produk WhatsApp Marketing

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, WhatsApp merupakan aplikasi online yang paling banyak dipakai sehingga menggunakan WhatsApp marketing adalah peluang yang tidak boleh disia-siakan. Akan tetapi diperlukan strategi yang bisa membuat bisnis Anda menjadi lancar, sebab tanpa adanya strategi atau teknik pemasaran, bisnis Anda tidak akan berkembang.

  1. Kumpulkan Kontak Para Customer yang Memiliki Prospek dari Berbagai Sumber

 Untuk dapat berkomunikasi dan memasarkan produk, tentunya Anda membutuhkan kontak para customer yang berpeluang. Kontak-kontak tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber, asalkan tepercaya. Tidak perlu khawatir saat meminta kontak para calon customer, sebab bisa jadi sebenarnya mereka juga senang menjadi bagian dari bisnis Anda. Setelah mendapatkan seluruh kontak para calon customer, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghubungi mereka. Tentunya tidak mungkin Anda membiarkan semua nomor yang sudah susah payah Anda dapatkan tersebut sia-sia, maka dari itu perlu adanya langkah selanjutnya, yakni pengenalan produk.

Akan tetapi, sebelum mengenalkan produk, sebaiknya mintalah para calon customer untuk menyimpan nomor WhatsApp Anda. Hal tersebut agar memudahkan saat hendak mengirim pesan broadcast, sebab tanpa nomor Anda disimpan pesan-pesan otomatis tidak akan bisa diterima oleh calon customer. Jika ada calon customer yang belum atau bahkan tidak mau menyimpan nomor Anda, sebaiknya berikan penawaran menarik untuk meyakinkan calon customer tersebut. Penawaran tersebut bisa berupa hadiah-hadiah online seperti ebook yang bermanfaat.

  1. Buat Kalimat Iklan Pemasaran yang Menarik

 Saat mengenalkan produk WhatsApp marketing tentunya Anda membutuhkan kalimat pendamping agar penawaran tersebut tampak meyakinkan. Kalimat pendamping biasanya berisi mengenai deskripsi keunggulan produk yang Anda tawarkan. Usahakan bahasa yang digunakan singkat dan lugas namun bisa memikat pembaca, karena bahasa iklan berbeda dengan bahasa sehari-hari. Hindari penggunaan kata-kata yang bersifat negatif. Kata-kata yang bersifat negatif cenderung akan membuat produk Anda tidak menarik. Selain itu, Anda tidak boleh meremehkan produk lainnya apalagi menjelek-jelekkan perusahaan yang mengayomi produk tersebut.

  1. Kirim Broadcast Secara Berkala Untuk Meningkatkan Engagement

 Perlu Anda ketahui jika memberikan penawaran yang menarik masih belum cukup untuk membuat calon customer berminat membeli produk Anda. Broadcast yang masuk ke nomor calon customer sifatnya pribadi sehingga usahakan Anda tidak mengirim pesan-pesan berulang yang membosankan. Untuk memberikan suasana baru, terkadang Anda perlu mengirimkan kalimat-kalimat yang berhubungan dengan dunia bisnis atau info-info menarik lainnya. info-info seputar kesehatan juga bisa  dikirimkan untuk membuat mereka terkesan pada perhatian yang Anda berikan. Hal tersebutlah yang dinamakan dengan meningkatkan engagement, yakni dengan cara membangun komunikasi yang baik.

  1. Membuat Grup Khusus Reseller

Setelah penawaran Anda berhasil tembus dan disetujui oleh para customer, tentunya akan ada sebagian dari mereka yang ingin ikut serta memasarkan produk Anda. Untuk itu tugas selanjutnya adalah membuat grup khusus untuk membimbing mereka semua agar bisa mahir dalam memasarkan produk-produk Anda. Memiliki reseller adalah keuntungan yang sangat besar, sebab usaha Anda akan lebih berkembang jika memiliki banyak reseller. Oleh karena itu, pastikan Anda membina mereka secara maksimal.

Nah, setelah mengetahui berbagai cara serta keuntungan yang bisa Anda dapatkan, kini saatnya beralih menggunakan aplikasi WhatsApp marketing untuk sarana bisnis Anda. Sebab, prospek marketing dengan WhatsApp ini bisa sangat menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *