Memahami Instagram Marketing untuk Memaksimalkan Bisnis

Memahami Instagram Marketing untuk Memaksimalkan Bisnis

Sosial Media saat ini tak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain saja. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, seperti foto dan video, media sosial mulai digunakan untuk berbisnis. Dan yang paling banyak digunakan untuk itu adalah Instagram. Sejak peluncurannya pada 2013 lalu, instagram telah berkembang pesat. Instagram menawarkan fitur yang unik dan menarik bagi penggunanya. Berbagai fitur yang disediakan oleh instagram membuat siapapun lebih mudah untuk melakukan bisnis sehingga kini muncul adanya Instagram marketing.

Pada 2016 lalu, bahkan instagram memunculkan Intagram for Business. Sehingga bagi mereka yang ingin berbisnis melalui instagram telah terfasilitasi dengan akun tersebut. Kini, pengguna instagram pun terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah, ibu-ibu rumah tangga, para seniman, fotografer, dan pekerja lainnya. Maka tak heran lagi bila instagram menjadi sarana untuk Anda mulai berbisnis. Untuk itu, Anda juga perlu mempelajari lebih jauh mengenai Instagram marketing. Tujuannya tentu saja agar dapat mengoptimalkan instagram untuk bisnis Anda.

Kelebihan Instagram Marketing

  1. Gratis

Keuntungan pertama tentu adalah karena instagram tidak berbayar. Anda hanya perlu membuat akun instagram dengan terlebih dahulu menginstal aplikasinya. Setelah itu Anda dapat menggunakan instagram sepuasnya. Anda tak perlu membayarkan uang lagi ke instagram.

  1. Penggunanya banyak dan dari berbagai kalangan

Instagram memiliki pengguna yang sangat banyak. Berbagai sasaran bisnis Anda tentu ada di instagram. Selain itu, instagram juga terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan sampai orang tua. Anda hanya perlu mempelajari Instagram marketing lebih banyak agar dapat menjangkau konsumen.

  1. Mudah digunakan

Seperti media sosial lain, Anda dapat menggunakan instagram dengan mudah. Tak perlu Anda memikirkan SEO seperti ketika menggunakan website. Tugas Anda akan lebih terfokus dalam membuat konten yang menarik. Anda juga akan lebih mudah terhubung dengan media sosial lainnya melalui instagram.

  1. Ada tools untuk mengetahui pengunjung

Seperti toko, Anda akan memiliki pengunjung, baik yang hanya melihat-lihat saja atau sekaligus membeli. Dengan belajar mengenai Instagram marketing, Anda dapat meningkatkan pengunjung. Tentu saja caranya dengan mencari tahu karakteristik pengunjung Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan para pengunjung.

  1. Dapat memasukkan CP

Yang penting pula dalam Instagram marketing adalah adanya pelayanan yang baik pada konsumen. Di instagram, Anda dapat memasukkan CP Anda, sehingga komplain, kritik, maupun saran dari konsumen bisa segera Anda tangani.

 

Cara untuk Mengoptimalkan Instagram Marketing

Ada berbagai macam fitur yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di Instagram. Dengan mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur tersebut, Anda dapat menambah konsumen sedikit demi sedikit. Berikut adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan Instagram marketing.

  1. Stories untuk Iklan

Fitur stories memang unik. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu mengotori feeds mereka yang ‘artsy’ dengan berbagai cerita yang dibagikan tiap hari. Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan promosi. Dengan stories, Anda juga akan nampak aktif dalam melakukan penjualan. Apalagi jika Anda dapat membuat stiker atau video boomerang yang menarik konsumen.

  1. Fitur langsung belanja

Fitur satu ini akan memudahkan konsumen bisnis Anda dapat melakukan pembelian dengan lebih mudah. Dengan mengeklik salah satu produk yang diinginkan, mereka dapat langsung tahu harga dan keterangan lainnya.

  1. Komunikasi langsung dengan konsumen

Anda dapat melakukan komunikasi intens dengan menyapa setiap konsumen Anda. Fitur Gif, Polling, tanya jawab, dan emoji slider akan membantu Anda untuk terus terhubung dan berinteraksi dengan konsumen. Fitur satu ini penting untuk Instagram marketing Anda. Sebab dengan cara tersebut, konsumen akan melihat keaktifan Anda dalam menyapa mereka, sehingga mereka pun akan merasa lebih dihargai.

  1. Manfaatkan Branded Hashtags

Salah satu yang bisa Anda lakukan selain membuat visual yang bagus adalah menambahkan caption. Teknik ini populer dengan istilah branded hastags. Meski istilahnya branded, namun Anda tak hanya perlu menggunakan nama brand saja, Anda juga bisa membuat kata-kata yang merepresentasikan bisnis Anda atau merknya. Anda bisa meminta pengunjung dan konsumen untuk menggunakan hastag yang sama pula.

  1. Buat profile photo instagram yang Menarik

Foto profil Anda akan menjadi ikon yang akan terus diingat orang tentang bisnis Anda. Gunakan merek atau brand Anda sebagai foto profil dan usernamenya. Tujuannya agar orang-orang lebih mudah mengingatnya. Perlu diperhatikan pula bahwa foto profil tersebut berbentuk lingkaran. Maka sesuaikan bentuk merk atau logo yang Anda gunakan dengan bentuk lingkaran pula.

 

Strategi Konten untuk Memaksimalkan Instagram Marketing

  1. Buatlah Kalender Posting

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah waktu untuk posting. Pastikan Anda memiliki waktu posting yang konsisten dan tidak mengganggu followers Anda dengan postingan yang berlebihan. Pilihlah jadwal posting yang tepat. Perkirakan kapan kira-kira mayoritas pengguna instagram atau followers Anda membuka akunnya. Selain itu Anda juga dapat melakukan percobaan dengan melakukan posting di waktu tertentu. Lihat hasilnya, berapa banyak like yang Anda dapatkan di waktu-waktu tersebut. Jika saat Anda posting di waktu tertentu likenya lebih banyak dari waktu lain, bolehlah Anda masukkan ke daftar kalender posting Anda. Salah satu strategi Instagram marketing ini harus Anda lakukan agar postingan Anda tidak membosankan karena spam atau mubadzir karena tidak ada yang melihat.

  1. Gunakan Tampilan yang Konsisten

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh WebDam menemukan, 60 % brand terkenal yang ada di Instagram menggunakan filter yang sama untuk  setiap postnya. Konsistensi dalam membuat foto dengan filter tertentu akan membuat Anda memiliki ciri khas. Dengan ciri khas tersebut pengguna Anda akan semakin mudah untuk mengenali foto-foto Anda. Sehingga kemungkinan mereka melihat dan memberikan like atau komentar pun menjadi semakin tinggi. Anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti VSCOcam atau Enhance. Keduanya memiliki filter dan pilihan edit yang akan membantu Anda menemukan ciri khas Anda.

  1. Tentukan subjek yang akan ditampilkan

Konten yang akan Anda muat sebaiknya ditentukan terlebih dahulu. Produk apa yang hendak Anda tampilkan dan fokusnya. Jika Anda fokus pada baju-baju, maka upload lah gambar-gambar baju. Jika Anda fokus pada penjualan makanan, maka postinglah makanan yang Anda jual. Untuk menjadikan akun Anda lebih humanis, Anda juga boleh sesekali memposting hal lain, misal lucunya hewan peliharaan Anda atau saat Anda sedang berkunjung ke suatu tempat dengan keluarga.

  1. Gunakan Video

Mengunggah video akan lebih efektif dalam melakukan promosi. Sesekali Anda dapat mengunggah video dalam konten Anda. Ada banyak cara membuat video yang bisa Anda gunakan dalam menyusun strategi Instagram marketing. Contohnya Anda bisa mengunggah video produk yang Anda tawarkan sehingga dapat terlihat detailnya.

  1. Beri sedikit informasi terbaru

Untuk menarik perhatian penunjung untuk memfollow akun Anda, Anda bisa memberikan sedikit informasi kepada followesr Anda. Jika Anda menjual baju misalnya, berikan informasi baju-baju yang sedang trendi dan digunakan banyak orang pada saat itu. Atau Anda bisa memberikan tips untuk menjadikan tampilan mereka lebih stylish.

 

Kesalahan-kesalahan dalam Instagram marketing

Dalam melakukan pemasaran di Instagram, Anda harus memperhatikan beberapa kesalahan kecil. Kesalahan-kesalahan tersebut seringkali membuat Anda kesulitan untuk menambah konsumen atau meningkatkan penjualan. Atau justru Anda mendapatkan komplain tidak menyenangkan dari konsumen. Jangan sampai apa yang Anda lakukan malah menjadi bumerang bagi bisnis Anda. Jadi, mari kenali beberapa kesalahan berikut agar Anda dapat lebih berhati-hati.

  1. Membeli Followers

Saat ini jual beli followers sudah tak asing lagi. Banyak akun-akun bisnis yang ingin segera mendapatkan followers, sehingga mereka menempuh cara instan. Sayangnya, followers palsu tersebut nantinya juga akan dihapus oleh instagram. Tentu hal ini akan membuat Anda merugi. Belum lagi ketika followers yang Anda beli tidak sesuai dengan sasaran bisnis Anda. Tentu followers tersebut tidak akan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Sebab mereka tidak memenuhi kriteria yang potensial untuk menjadi konsumen produk yang Anda jual. Dalam Instagram marketing, Anda memang harus pintar-pintar mencari followers. Namun Anda dapat menggunakan cara-cara yang lebih kreatif.

  1. Berlebihan melakukan promosi

Setiap konsumen tentu sangat suka ketika ada big sale, diskon, give away, atau gratis ongkir. Tapi apabila Anda menggunakan cara tersebut secara berlebihan, followers Anda juga dapat terganggu. Apalagi jika mereka sudah berkali-kali ikut give away namun tidak pernah terpilih. Apabila followers merasa terganggu mereka justru dapat memutuskan untuk mengunfollow akun Anda. Jadi, hati-hati ya. Anda bisa membuat jadwal untuk cara tersebut dengan memanfaatkan momen tertentu.

  1. Tidak fokus dengan kualitas konten

Di Instagram Anda akan menemukan banyak gambar dan caption. Biasanya pengguna Instagram lebih senang melihat gambar. Jadi buatlah caption yang singkat, jelas, dan padat agar dibaca. Apabila Anda hendak membuat caption yang panjang, usahakan caption tersebut berisi informasi yang penting dan dikemas dengan bahasa yang menarik. Sehingga orang-orang tertarik membacanya.

  1. Tidak memanfaatkan followers dengan baik

Followers akan sangat berpengaruh dalam Instagram marketing. Bukan hanya jumlahnya saja, namun juga bagaimana Anda memperlakukan followers tersebut. Apabila Anda tidak memiliki interaksi yang baik dengan followers, maka mereka pun bisa saja menghilang. Untuk mempertahankannya, Anda bisa mention followers dalam konten Anda agar mereka ikut menyebarkan konten tersebut dan menggunakan hastag bisnis Anda. Anda juga bisa melakukan cara-cara lain yang bisa mengundang minat followers Anda untuk membantu Anda melakukan promosi.

Saat ini akun-akun instagram yang juga menjadi akun bisnis sudah sangat banyak. Anda harus bersaing dengan mereka. Maka dari itu Anda perlu mempelajari tips, trik, maupun strategi untuk memaksimalkan Instagram marketing. Dengan begitu Anda dapat memaksimalkan berbagai fasilitas yang ada di Instagram. Apabila Anda dapat melakukan pemasaran dengan baik, Anda tentu akan mendapatkan keuntungan yang lebih pula. Sebab Instagram merupakan media sosial yang sangat potensial untuk berbisnis. Terbukti dari banyaknya pebisnis di Instagram yang sukses. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan di atas juga perlu menjadi perhatian Anda. Agar Anda tidak gagal dalam memaksimalkan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *